Cara Berpakaian yang Baik Saat Wawancara Kerja

Cara Berpakaian yang Baik Saat Wawancara Kerja - Wawancara kerja memang sesuatu yang sangat diharapkan oleh para pelamar. Bagaimana tidak, bila kita sudah masuk tahap wawancara ini, itu artinya kita selangkah lagi untuk diterima kerja.

Tapi jangan salah, kebanyakan pada calon pelamar banyak yang gugur pada tahap ini. Salah satu penyebabnya adalah cara dalam berpakaian.



Memang, setiap perusahaan memiliki kebiasaan atau budaya aturan yang berbeda-beda. Ada perusahaa yang sangat fleksibel seperti halnya perusahaan Google, bahkan tidak sedikit pula perusahaan yang ketat dan serba disiplin, terutama dalam hal berpakaian.

Staf HRD biasanya menilai calon pelamar itu dimulai dari cara kita berpakaian, karena melalui cara berpakainlah itu bisa menunjukan kepribadian seseorang.
Baca juga: Inilah Modus Penipuan Berkedok Lowongan Kerja

Berikut Tips dan Trik Cara Berpakaian yang Baik Saat Wawancara Kerja, Agar Lolos Saat Interview

Mencari Informasi Tentang Perusahaan yang Dilamar

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah, mencari informasi terlebih dahulu tentang perusahaan dan staf yang akan mewawancarai kita. Seperti sudah Saya singgung di atas, ada beberapa perusahaan yang memiliki budaya peraturan berpakaian secara formal. Mungkin perusahaan tersebut sangat erat sekali dengan public relation, atau hubungan langsung dengan konsumen. Jadi wajar saja jika diwajibkan berpakaian rapi dan formal.

Untuk para calon pelamar pria, Saya sarankan untuk mengenakan kemeja berlengan panjang dan berdasi tapi tidak perlu menggunakan jas.

Dan untuk calon pelamar wanita, pakailah pakaian kemeja pendek atau panjang, masukan kerudung jika berkerudung dan ikat rambut dengan rapi jika tidak berkerudung.

Jika perusahaan yang akan mewawancarai Kita merupakan perusahaan yang biasa, dengan kata lain adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi dan support, cukup menggunakan pakaian standar saja atau pakaian hitam putih rapi dengan setelan sepatu fentopel.

  • Berpakailah dengan warna pakaian yang tidak terlalu mencolok. Misalnya terlalu mengkilap, terlalu mahal atau bahkan terlalu ngejreng dengan banyak motif dan warna warni pada pakaian. Gunakanlah pakaian putih dan celana hitam polos dan rapi serta gunakan sepatu hitam fentopel

  • Dilarang berpakaian yang terlalu ketat, khususnya untuk pelamar wanita. Dilarang menggunakan rok pendek, kancing baju atasaan yang tidak rapi.

  • Hindarilah menggunakan perhiasan dan wewangian yang terlalu berlebihan.

Kesimpulan:

Itulah beberapa tipsa dan trik berpakaian saat kita akan wawancara kerja. Perlu diingat kembali, seseorang menilai kita terlebih dahulu menilai melalui cara kita berpakaian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel