5 Cara Mengatur Bonus Akhir Tahun Agar Maksimal

Cara mengatur bonus akhir tahun - Saat memasuki akhir tahun, biasanya beberapa perusahaan tengah menyiapkan hadiah berupa bonus untuk para karyawannya yang mempunyai performa kerja bagus dan tidak pernah mendapatkan raport merah selama bekerja.

Apakah Anda termasuk salah satunya?

Jika Memang iya, bersyukurlah. Karena bonus tahunan yang dinanti-nantikan akan segera cair . :D

Karena sifatnya tahunan dan hanya bisa didapatkan setahun sekali, bonus tambahan uang seperti ini rasanya sayang sekali jika tidak Kita maksimalkan atau tidak Kita manfaatkan dengan benar.

Berikut Cara Mengatur Bonus Akhir Tahun Agar Bisa Maksimal Penggunaanya


Rencanakan Keuangan Anda

Rasanya malas sekali ketika mendengar kata "rencana keuangan" bukan?

Jika Kita berpikir seperti itu, berhati-hatilah. Karena faktor banyak orang yang jatuh miskin, perusahaan yang gulung tikar secara tiba-tiba, itu disebabkan salah satunya adalah tidak dirumuskan perencanaan keuangannya dengan benar dan maksimal.

Meskipun terdengar agak ribet dan lumayan merepotkan, merencanakan keuangan yang sedang dijalankan dengan baik ternyata pengaruhnya baru akan terasa beberapa tahun ke depan. Membuat rencana keuangan yang realistis untuk memanfaatkan uang bonus akhir tahun merupakan salah satu dari bagian perencanaan keuangan yang baik.

Jangan pernah memperlakukan uang bonus sebagai uang yang didapat dari "durian runtuh" atau sebagai rejeki nomplok, karena dengan berpikir seperti itu Kita akan dengan mudahnya membuat kesalahan dengan berbelanja yang sebetulnya tidak Kita perlukan sama sekali.

Membuat rencana keuangan untuk bonus tahunan sebenarnya tidaklah sulit dan cukup sederhana, karena biasanya bonus tahunan ini memiliki slip atau bukti pembayaran dari perusahaan yang berbeda dengan penghasilan utama. Sisihkanlah sekitar 10-20% untuk keperluan relaksasi liburan dan simpanlah sisanya untuk keperluan yang membutuhkan tanggung jawab.

Mempersiapkan Tabungan Pensiun Sejak Dini

"pensiun kan masih lama, mending senang-senang aja dulu mumpung masih muda".

Berhentilah berfikiran seperti itu!

Justru karena masa pensiun masih lama, Kita jadi punya banyak waktu untuk menabung dan mengumpulkan lebih banyak uang. Jika Kita merasa keberatan menabung pakai penghasilan utama untuk masa pensiun kelak, maka dengan menyisihkan uang bonus tahunan adalah cara terbaik untuk menabung dan memanfaatkannya di hari tua nanti.

Melunasi Hutang

Hutang adalah perkara yang wajar dalam kehidupan bersosialisasi. Selain untuk menutupi kebutuhan yang bersifat mepet, berhutang juga mampu menghindari dari hal-hal yang bersifat finansial.

Tapi apa jadinya jika Kita gemar berhutang, namun malas sekali untuk membayarnya. Semakin hari hutang akan semakin menggunung dan menumpuk. Hindarilah cara berhutang seperti itu, salah satunya adalah dengan membayar menggunakan uang bonus akhir tahun.

Jika memang mempunyai hutang yang banyak, lunasilah segera. Anggap saja uang bonus tahunan tidak pernah ada dan uang itu merupakan uang orang lain.

Dengan cara melunasi hutang, selain kehidupan Kita akan sedikit tenang dan bisa bernafas lega, juga akan mempererat hubungan silaturahim dengan pemberi hutang.

Jangan Pernah Berangan-angan yang Belum Jelas Terlihat

Karyawan yang memang sudah terbiasa menerima bonus tahunan biasanya sudah menghitung nominal bonusnya, padahal bonus itu sendiri belum tentu Kita dapat.

Membeli barang dengan cara kredit dan berdalih nanti dibayar pas bonus akhir tahun turun, merupakan tindakan konyol yang patut dihindari.

Mungkin saja Kita pasti menerima bonus setiap akhir tahun, jadi Kita sudah mempunyai rencara pengeluarannya. Tapi disarankan untuk membelanjakannya nanti, setelah benar-benar menerima bonus tersebut.

Jika ternyata uang bonus tahunan itu turun nominalnya tidak sebesar dengan pengeluaran yang Kita kira, maka Kita akan dihadapkan dengan hutang lagi yang tidak mampu Kita bayar.

Sisihkanlah Untuk Berwirausaha

Jika kebutuhan Kita sudah terpenuhi, hutang tidak ada, cicilan sudah terbayarkan. Alangkah baiknya jika Kita berfikiran untuk menjalankan usaha menggunakan modal dari uang bonus akhir tahun tadi.

Pelajari tips dan trik cara berwirausaha yang sesuai dengan minat dan bakat Kita, maksimalkan modal tersebut untuk membangun usaha yang akan menjadi investasi di kemudian hari.

Kesimpulan

Kita tidak perlu menghabiskan seluruh bonus tahunan Kita untuk satu hal saja. Pergunakanlah uang dengan maksimal. Kita dapat membaginya untuk masing-masing prioritas pengeluaran Kita. Gunakanlah bonus tahunan dengan cara yang Kita aggap cocok dengan kebutuhan finansialmu secara keseluruhan.
Baca juga: Ternyata 4 Kebiasaan Kita di Tempat Kerja ini Tidak Menyehatkan Lho

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel