Tips Mengatur Keuangan Menjelang Liburan

Tips Mengatur Keuangan Menjelang Liburan - Saat musim liburan akan tiba, banyak orang yang sudah merencanakan destinasi liburannya. Entah itu liburan ke pantai, naik gunung, hingga traveling ke kota-kota wisata yang ada di pelosok nusantara.

Liburan bersama keluarga, teman, kerabat maupun pasangan memang menjadi momen terindah yang jarang sekali Kita lakukan.

[caption id="attachment_894" align="aligncenter" width="668"]Tips Mengatur Keuangan Menjelang Liburan Tips Mengatur Keuangan Menjelang Liburan[/caption]

Namun jangan salah, liburan juga ternyata bisa membuat dompet Kita jebol jika Kita tidak pandai mengatur pengeluaran untuk masa-masa liburan. Jangan sampai Kita lupa diri dan lepas kendali dalam masalah keamanan finansial.

Berikut Tips dan Trik Cara Mengatur Keuangan Menjelang Liburan


1. Sisihkan Uang Jauh Sebelum Liburan Tiba


Alangkah baiknya sebelum momen hari libur tiba, minimal 3 bulan atau 6 bulan sebelumnya Kita sudah menyisihkan dan mempersiapkan keuangan untuk pergi berlibur. Jika waktunya libur telah tiba, Kita tidak repot mencari dana kemana-mana. Jangan sampai pengeluaran rutin Kita tiap bulan, kacau gara-gara liburan yang mendadak.

2. Tentukan Tujuan Liburan Terlebih Dahulu


Janganlah pergi berlibur tanpa tahu rencana tujuannya kemana. Rencanakan tujuan wisata yang akan Kita tuju terlebih dahulu, carilah referensi dari teman, media masa maupun media cetak.

Rencanakan kunjungan wisata yang letaknya tidak berjauhan dengan kunjungan wisata lainnya. Misalkan Kita akan berkunjung Bandung, maka tentukanlah tempat mana saja yang akan Kita kunjungi nantinya. Jangan berencana mengelilingi semua daerah yang ada di Bandung, kecuali Kita mempunyai waktu dan biaya yang cukup.

Perencanaan seperti ini sangatlah penting, karena tidak sedikit wisatawan yang jatuh sakit akibat kelelahan karena mengunjungi destinasi wisata yang belum pernah tahu tempat dan asal-usulnya, alias kunjungan wisata dadakan.

3. Carilah Tiket Perjalanan dan Penginapan Sesuai Budget


Rencanakanlah pembelian tiket transportasi lebih awal, karena biasanya ada maskapai penerbangan atau transportasi lainnya yang memberikan harga promo jika Kita membeli tiket lebih awal.

Tapi perlu diingat pula tentang prosedur penjadwalan ulang secara detail apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Banyak sekali jasa transportasi yang memberikan harga diskon namun tidak memberikan toleransi ketika ada pembatalan atau perubahan jawdal. Carilah transportasi yang mempunyai asuransi apabila terjadi penjadwalan ulang.

Tidak kalah penting juga, memilih tempat penginapan sejak awal untuk liburan nanti. Karena jika Kita berlibur di hari-hari besar, sudah dipastikan tempat penginapan akan penuh karena orang lain sudah membookingnya sejak jauh-jauh hari

Perencanaan yang matang dan memperhitungkan segala kemungkinan akan sangat membantu sekali dalam perencanaan keuangan. Yakinkan untuk merencanakan pengeluaran liburan Kita pada angka yang sudah dibatasi sehingga tidak akan terjadi penumpukan beban tagihan berikutnya. Jadikan liburan Kita benar-benar bahagia menyenangkan.
Baca juga: 5 Cara Mengatur Bonus Akhir Tahun Agar Maksimal

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel