7 Trik Agar Mudah Diterima Kerja Melalui Lamaran E-Mail

Diera modern ini semua hal dilakukan serba digital, mulai dari menghitung angka yang rumit hingga melamar pekerjaan semuanya sudah berbasis digital.

Tidak sedikit perusahaan menginginkan calon pegawainya melek teknologi atau tidak gaptek (gagap teknologi). Salah satu cara merekrutnya adalah dengan mewajibkan calon pelamar mengirim lamarannya melalui e-mail, yang sudah dibuat sedemikian rupa dalam bentuk dokumen.

Terdengar seperti gampang, tapi tunggu dulu..

Ternyata ada beberapa Trik Agar Mudah Diterima Kerja Melalui Lamaran E-Mail




1. Perhatikan Judul E-mail

Tulislah judul e-mail Anda dengan jelas tetapi singkat. Apabila Perusahaan tidak mengatur pelamar  mencantumkan kode tertentu untuk judul lamaran, maka judul e mail ditulis jelas tapi singkat.

Contoh:
Judul e mail: "Lamaran untuk posisi manajer pemasaran".


2. Surat Pengantar

Tulislah surat pengantar atau CV letter pada badan e mail. Surat pengantar atau cover letter berfungsi  sebagai pengenalan atau salam pembuka untuk sang pembaca lamaran. Dalam pembuatan cover letter sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut:
  • Cover letter dibuat secara singkat, padat dan jelas

  • Berikan salam permbuka dan lain penutup

3. Bagaimana dengan CV?

Jangan menulis CV Anda di badan email. Tuliskan dalam file tersendiri dan jadikan sebagai lampiran (attachment) email Anda.


4. Attachment File

Patuhilah syarat-syarat lampiran (attachment). Pada umumnya perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerjanya, jenis file dalam format yang boleh Anda kirim. Namun, jika tidak disebutkan kirimkan CV Anda dalam bentuk Microsoft Word (.doc).


5. Ukuran atau Size E-Mail

Usahakan ukuran e-mail Anda termasuk lampiran (attachment) tidak melebihi 300 KB. Ukuran e mail ini terutama dipengaruhi oleh ukuran file yang di lampirkan (attachment), karena itu periksa file yang Anda lampirkan jika Anda menyertakan foto. Jangan masukkan foto yang ukurannya (bobot filenya) terlalu besar, perkecil ukurannya dengan berbagai jenis program photo editor.


6. Lampirkan Foto

Lampirkan foto dalam file tersendiri. Untuk memudahkan pihak Perusahaan dalam mendokumentasikan dan memilah file dari pelamar, lampirkan foto dalam file tersendiri dengan ukuran yang sesuai.


7. Uji Coba Pengiriman E-Mail

Lakukan uji coba pengiriman e-mail. Dengan melakukan uji coba mengirimkan e-mail lamaran lengkap  dengan lampirannya ke alamat e-mail Anda yang lainnya, maka Anda akan melihat sendiri hasil pengiriman
e-mail Anda tersebut Untuk kemudian dilakukan perbaikan perbaikan bila perlu.

Uji coba pengiriman e mail ini sangat disarankan, karena seringkali format e-mail yang Anda kirim berubah  setelah sampai di alamat e-mail lain.
Baca juga: Inilah 6 Alasan Lamaran Kerja Diabaikan Perusahaan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel