Suka Duka Bekerja di Toko Indomaret

Hallo pembaca setia sanghiang post, perkenalkan nama saya Irfan (nama samaran). Saat ini saya bekerja di salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia, yaitu Indomaret yang berada dibawah naungan PT. Indomarco Prismatama sebagai perusahaan induknya. Saya bekerja di Indomaret pada bulan Januari tahun 2014 hingga saat ini ketika artikel ini ditulis.



Bagi kalian yang belum pernah bekerja atau mempunyai keinginan untuk bekerja di Indomaret, khususnya untuk penempatan di toko (Kasir, Pramuniaga, MD, Assisten dan Kepala Toko), tidak ada salahnya untuk mereview terlebih dahulu tentang suka dan duka bekerja jadi karyawan indomaret.

Yah walaupun kita ketahui, tidak ada yang namanya pekerjaan enak. Mau gajinya tinggi, bayaran insentifnya gede, fasilitas perusaahan mumpuni, tetap saja pekerjaan tersebut pasti ada ga enaknya. Bener gak?

Ok.. Kita langsung saja ke pembahasan utamanya, yakni suka dan duka jadi karyawan Indomaret.

A. Enaknya Kerja di Indomaret

1. Gaji Sesuai UMR dan UMK

Tujuan orang dalam bekerja pasti tidak akan jauh dari yang namanya Gaji. Karyawan mana yang tidak menginginkan gaji besar atau minimal gaji yang sesuai dengan ketentuan pemerintah yakni sesuai dengan UMR atau UMK. Nah, di kerja di Indomaret kita ga perlu susah payah harus melakukan demo atau unjuk rasa meminta kenaikan gaji sesuai dengan gaji UMR, karena Indomaret sendiri secara otomatis akan memberikan hak gaji karyawan sesuai dengan ketentuan pemerintah. Jika bulan sekarang gaji UMR masih di bawah 4 juta dan bulan depan naik menjadi 4 juta, maka Indomaret pun akan membayar sesuai dengan kenaikan gaji UMR tersebut, bahkan untuk karyawan yang baru masuk sekalipun tanpa terkecuali. Keren kan?

Mungkin bila dibandingkan dengan banyak perusahaan di Indonesia terutama perusahaan yang bergerak di bidang retail, butuh waktu berbulan-bulan atau bahkan perlu unjuk rasa terlebih dahulu untuk menuntut hak karyawannya agar diberikan gaji sesuai dengan UMR. Itulah salah satu kelebihan bekerja di Indomaret.

2. Mudah Mendapatkan Fasilitas BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Anda tidak lagi perlu khawatir tentang kesehatan dan uang jaminan hari tua nanti, karena jika anda bekerja di Indomaret, semuanya akan ditanggung dengan adanya fasilitas BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Untuk seorang karyawan yang baru bekerja di Indomaret, tidak akan membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan kartu BPJS sebagai bukti tanda keanggotaan kita.

Saat ini saya mempunyai teman yang bekerja di perusahaan retail juga (bukan di Indomaret), dia mengeluh karena tidak mendapatkan fasilitas BPJS Kesehatan, sehingga ketika dia sakit dan membutuhkan perawatan dokter, dia harus mengeluarkan uang dari uang tabungannya sendiri. Dia juga mengeluh karena ketidak sesuaian jumlah total gaji yang diterima dengan jumlah total gaji yang tertera di fasilitas BPJS Ketenagakerjaan, alhasil jumlah total uang pensiun pun sedikit.

Perlu kita ketahui bahwa BPJS Ketenagakerjaan berfungsi sebagai jaminan uang pensiun ataupun sebagai tabungan ketika suatu saat kita sudah resign dari perusahaan. Iuran pensiun ini dibayar atau ditabung sebesar 5.7 % dari total gaji yang kita terima. Dengan 2 % dipotong dari gaji dan 3.7% dibayarkan oleh perusahaan.

3. Mendapatkan THR, Uang Lembur dan Insentif

Kalau untuk masalah pendapatan, Indomaret sudah tidak diragukan lagi dalam membayar semua hak-hak karyawannya, mulai dari THR, cuti tahunan, cuti menikah, cuti melahirkan, uang lembur ketika tanggal merah dan insentif bagi karyawan yang berprestasi.

B. Ga Enaknya Kerja di Indomaret

1. Adanya NBH (Nota Barang Hilang)

NBH menjadi momok yang cukup menakutkan bagi karyawan Indomaret. Karena semakin besar nilai NBH, maka semakin banyak pula gaji yang akan dipotong secara otomatis. Untuk mengetahui adanya NBH pada suatu toko, biasanya ada tim khusus yang mengaudit dan melakukan stock opname pada semua barang yang ada di toko. Tapi kalian ga perlu khawatir guys, semakin solid kerjasama antar tim, makan jumlah barang hilang pun akan semakin kecil lho. Rata-rata total NBH pada suatu toko biasanya sebesar 500 ribuan atau bahkan tidak ada sama sekali.

2. Sales on Target

Sama seperti perusahaan lainnya, Indomaret juga mempunyai sistem sales on target. Sebagai contoh pada hari weekend penjualan toko harus naik beberapa persen dari biasanya. Tentu ini akan menjadi beban tersendiri bagi karyawan yang tidak siap bersaing dengan kompetitor. Tapi bagi karyawan yang mempunyai dedikasi tinggi dan semangat kerjasama tim, biasanya masalah seperti ini gampang sekali tertangani.

Kesimpulan

Itulah suka dan duka bekerja di Indomaret. Sekali lagi, tidak ada pekerjaan yang enak, semuanya pasti ada suka dan dukanya. So, bagi kalian para calon pencari rezeki, jangan jadikan suka dan duka tersebut untuk menghalangi jalan menjemput rejeki yang berkah. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel