Pengalaman Tes Kerja di PT. HM Sampoerna

Pengalaman Tes Kerja di PT. HM Sampoerna, posisi SAM (Supervisor Area Marketing)

Nah ini dia Perusahaan yang paling keren di industri rokok. Ya, iseng-iseng kemarin saya daftar lewat event jobstreet di uniland. Posisi yang saya incar yaitu SAM atau Supervisor Area Marketing. Awalnya saya kurang mengerti, sebenarnya kerjaannya apa? Tapi setelah cari-cari info di kaskus dan forum-forun internet lainnya, baru sedikit mengerti kerjaannya apa.

Secara umum kerjaan SAM di HMS dibagi ke empat channel.

Ada yang handle trade, ngurusin project marketing di outlet / toko
Ada yang handle LAMP, ngurusin project marketing di tempat hiburan & komunitas
Ada yang handle media, ngurusin media termasuk baliho, billboard dll.
Ada yang handle event, ngurusin project event & sponsorship.

Karir bisa dicapai secara fair. Perusahaan gak akan hambat karyawan yg bagus prestasinya. Salary mungkin sekitar 5jt kalo baru masuk. Kalo jadi SAM, dapat mobil operasional & tunjangan pulsa sebanyak 700rb per bulan. Ini juga belum termasuk tunjangan-tunjangan lainnya sesuai kebutuhan, misalnya laptop, hp atau jalan-jalan. Hebat!! Pokoknya ni perusahaan, Care banget sama karyawannya. Salut dah.



Alhamdulillah saya telah ikutin tes ini dari awal sampai akhir, hanya saja di akhirnya belum tau lulus atau enggak. Hehe.. Oke, saatnya share pengalaman tesnya.

1. Tes Kemampuan Dasar dan Psikotes

Tes ini terdiri dari banyak soal dengan bermacam-macam jenis. Antara lain terdiri dari soal bahasa Inggris, Matematis, Deret Gambar, Deret hitung dan lainnya. Uniknya, Kita harus bener-bener perhitungan ngerjain tes ini. Karna benar akan dikasi nilai 4 dan salah dikurangi 1. Yupp.. mirip bgt dengan SPMB.. Makanya jangan heran ada beberapa soal yg gak ada jawabannya.. So hati2 lah, dan gunakan perhitungan serta intuisi anda.

Setelah ujian, Nanti HRD nya bakal ngasih tau kabar lulusnya via telpon. Tapi kebetulan, pada hari aku tes, diumumkan setelah makan siang.. Jangan heran kalau banyak ratusan peserta bakalan gugur di tahap ini dan Alhamdulillah saya termasuk di 10 orang pertama yg lulus dari gelombang kedua. Atau 23 Orang yang lulus dr keseluruhan.. hehe. Selanjutnya adalah tes Grup Diskusi.

2. Grup Diskusi

Untuk tes ini. Peserta yg berhasil lolos akan dibagi ke beberapa grup. Biasanya terdiri dari 5-7 orang. Nanti penilai bakal ngasih sebuah kasus dan itu harus di pecahkan oleh para anggota diskusi. Biasanya waktu diberikan 30 menit dan setelahnya akan diberikan waktu untuk mempresentasikan hasil diskusi dan dilanjutkan sesi Tanya jawab oleh penilai.

Ketika waktu 30 menit dimulai. Maka biasanya anggota bakal ngebaca dulu sebentar dan menyimpulkan solusi terbaik. Nah, disini tantangannya, tidak semua pendapat bakalan sama kan? Jangan heran juga kalau tiba-tiba ada rekan diskusi kita yang sok paten atau ngerasa tau segalanya, atau ada juga temen kita yang ngomong terus sampe kita bosen dengarnya tapi intinya sedikit atau gak ada sama sekali. Atau ada juga sok-sok jadi pemimpin grup dengan mencoba menyimpulkan dan sok cool memimpin padahal hasilnya ngambang. Hahaa.. yahh.. bakal banyak deh tipe-tipe orang yang muncul pada sesi diskusi ini. Kenapa? Karna waktu yg sangat singkat sudah pasti bakal banyak yang ngotot buat unjuk gigi.

Bukannya sok ngajarin nih, tapi sepertinya tipsnya sederhana deh. Kita gak perlu ngotot ngomong deh, atau sok-sok kepinteran.

Ngomong! Udah pasti ini kewajiban. Bayangin kalau dalam diskusi ini lo diam aja. Apa yg mau dinilai?

Jangan Ngotot! Penilai pasti ingin melihat bahwa, kita bisa gak sih diajak kerjasama.. Tentu saja kita harus punya porsi masing-masing dalam berbicara. Kasi kesempatan rekan kita ngasih pendapat, jangan suka mencela walau idenya konyol atau gak nyambung. Selain itu, penilai pasti ingin melihat kita orangnya open gak dengan ide-ide lain atau baru. Atau egois yg memaksakan keinginannya.

Tunjukkan kalau kita bisa diajak berkerja sama!!

Jadilah Cerdas!! Ngomong sebenarnya gak perlu banyak-banyak deh.. Justru yang banyak ngomong biasanya yang gak lulus (ni pengalaman saya loh J) Ngomong secukupnya aja, asal ngomong kita itu rasional dan benar-benar pas plus berisi sehingga bisa jadi masukan buat diskusi. Penilai juga ingin melihat kita orangnya cerdas atau nggak.. hehe..

Yaaa.. kira-kira ini aja deh tipsnya.., banyak lagi sih.. tapi kayaknya teori kadang gak gitu penting kalau kita belum tau apa yg terjadi kan.. Saya bisa ngomong gini kan karena saya juga lulus ditahap ini. Sekali lagi ini bukan maksud ngajarin ya (Ane bukan teacher gan! I’m Enginer! Hehe..), Maksudnya Cuma share doang..

3. Interview HRD

Hampir sama dengan perusahaan besar lainnya, Tes ini pasti ada. Pertanyaannya pun pasti seputaran kepribadian dan sisanya hanya kesanggupan kita menjalani pekerjaan. Mungkin satu2nya pertanyaan yang gak bisa saya jawab dengan baik adalah ketika ditanya, Apakah kamu perokok? Hahahaaaa..

Kebetulan saya gak merokok bu.. hehe.. (Bayangin, gimana kita mau jualan rokok tapi kita gak ngerokok!! -_-“) terus beliau nanya lagi, Suka dugem?? Enggak juga bu.. hahaaa.. Bukan apa-apa sih, ada bagian dari kerjaan ini yg mengharuskan kita datang ke tempat2 seperti itu loh..

Hampir 1 jam ane dibabat habis dengan pertanyaan gan!! Ibarat kata nih gan! Busa deterjen Daia bakal kalah deh dengan busa dimulut kita!! Hehe..

Tapi sebenarnya kuncinya sih, tunjukkan rasa percaya dirikita dan tunjukkan antusia dan semangat kita untuk posisi ini. Selebihnya, ya… kecerdasan anda untuk menjawab.. seepppp dah!!

4. Interview User

Kalo dipikir-pikir sebenarnya interview ini gak berat-berat amat kok. Saya aja Cuma 15-20 menit. Yang lainnya juga gitu. Biasanya buat yg lulus bakal ditelpon langsung oleh Manajer yang membutuhkan. Tapi kebetulan saya yang lulus kemarin diberangkatkan ketempatnya langsung. (Hebat gila ni perusahaan gan!! Semuanya free!! haha) Kebetulan saya interview dengan user dari pekanbaru, yaaa jadinya saya diterbangkan ke pekanbaru. Kandidatnya gak banyak. Yang ke Pekanbaru ada 3 orang dan itu termasuk saya didalamnya (Horeeee!!)

Pertanyaan disini lebih detail sih sebenarnya, Tentang kesiapan kita untuk berkerja, kemahiran anda di komputer dan bahasa inggris juga bakal ditanya. Ohya, anda bisa nyupir gak?? Ini syarat wajib loh.. Karna anda nantinya bakalan dikasi mobil.. hehe.. jadi setelah anda diwawancara anda akan di tes mengemudi!! Siapkan juga SIM A anda!! ngengggg...!!

Kesimpulan

Oke-oke.. kira-kira gini deh gambaran tes di HM. Sampoerna.. !! Sebenarnya pengen juga kerja disini Cuma kayaknya, ya itu tadi, belum sanggup kalau dapat nya di bagian dugem atau ngurusin SPG di acara-acara.. Takut gak kuat iman gan!! Hehe.. Kalau dikasi posisi trade n media sih oke-oke aja.. Jadi ya.. kalau gak lulus sih yaudah deh gak papa. Yang penting ane dah ngerasain jalan-jalan ke Pepekanbaru dan lingkungan kerja di Sampoerna, walau Cuma sedikit.. Lain itu, ada juga ada rasa bahagia juga didada.. dari ratusan peserta, Saya salah satu dari tiga orang yg dikasi kesempatan ke Pekanbaru. Dan untuk pertama kalinya aq ucapin terima kasih buat perusahaan Rokok!! Makasih Sampoerna..!!

Buat yang tertarik silahkan deh dites. Tapi inget, ini tes hanya bisa dilakukan setahun sekali loh. Kalau gak lulus, coba aja lagi tahun depan. Atau silahkan coba dengan posisi yang berbeda. Silahkan siapkan diri anda!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel