Ternyata 4 Kebiasaan Kita di Tempat Kerja ini Tidak Menyehatkan Lho

Kebiasaan di Tempat Kerja yang Tidak Menyehatkan – Berbicara soal karyawan, tentu sangat erat sekali dengan aktifitas dan rutinitas berulang yang dilakukan setiap hari, terlebih lagi dengan pegawai kantoran.

Rutinitas yang Kita lakukan karena tuntutan pekerjaan ini pun, tanpa Kita sadari ternyata menciptakan kebiasaan-kebiasaan tertentu yang Kita lakukan di tempat kerja.

Tidak sedikit dari Kita yang menganggap kebiasaan tersebut dianggap remeh, padahal sebenarnya kebiasaan tersebut cenderung tidak baik dan tidak menyehatkan untuk tubuh.

 

Ternyata 4 Kebiasaan Kita di Tempat Kerja ini Tidak Menyehatkan Lho
Ternyata 4 Kebiasaan Kita di Tempat Kerja ini Tidak Menyehatkan Lho

Berikut Kebiasaan di Tempat Kerja yang Tidak Menyehatkan

 

1. Menatap Layar Komputer Tanpa Jeda dan Terlalu Lama

Seorang programmer, web developer, copywriter ataupun graphic designer adalah contoh profesi pekerjaan yang kesehariannya tidak bisa meninggalkan yang namanya komputer.

Meskipun tuntutan kerja memang demikian, tapi bukan berarti Kita terlalu cuek dan mengabaikan kesehatan, terutama pada kesehatan mata yang setiap hari terpapar radiasi dari layar monitor komputer selama berjam-jam.

Faktanya, telalu lama menatap layar komputer dan tanpa ada jeda untuk beristirahat, itu tidak hanya akan membuat mata Kita jadi mudah lelah, tapi juga sangat rentan terhadap resiko gangguan penglihatan.

Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, biasakanlah beranjak dari meja kerja Kita setiap 30 hingga 90 menit sekali. 

Selain untuk merefresh dan mengistirahatkan mata, kebiasaan ini pun mampu memacu pergerakan otot  tubuh agar tidak terlalu kaku.

Pasalnya, kebiasaan Kita sehari-hari bisa menurunkan kemampuan aktifitas pada fisik Kita, karena jika dibiarkan terus menerus bisa menimbulkan berbagai penyakit lain.

 

2. Lupa Sarapan Pagi dan Makan Siang

Banyak orang, termasuk Kita yang kerap menyepelekan sarapan pagi sebelum memulai aktifitas. Tanpa Kita sadari, ternyata dari situlah Kita mendapatkan asupan energi untuk memulai aktifitas sehari-hari.

Seseorang yang kerap melewatkan sarapan pagi, cenderung lebih sulit berfikir dan berkonsentrasi. 

Dengan kondisi isi perut yang kosong, otomatis sebelum jam makan siang Kita sudah mulai merasakan lapar. Maka pola makan yang seperti ini yang dapat mengganggu metabolisme dalam tubuh.

Seperti halnya sarapan, tidak sedikit pula orang yang makan siang tidak tepat dan teratur. Mungkin karena faktor pekerjaan yang menumpuk, atau memang karena pola makan Kita yang berantakan.

Alhasil, waktu istirahat yang seharusnya Kita gunakan untuk makan dan beristirahat telah habis, biasanya Kita terpaksa mengganti makan siang Kita hanya dengan mengkonsumsi makan-makanan ringan di sela-sela pekerjaan, yang sudah jelas tidak memenuhi kebutuhan gizi dan pembentukan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

3. Terlalu Banyak Meminum Kopi

Kandungan kafein yang terkandung dalam secangkir kopi dipercaya mampu menetralisir rasa kantuk dan mampu meningkatkan stamina tubuh.

Kita yang memang merasakan khasiatnya pun, telah menjadikan kopi sebagai konsumsi harian yang tidak boleh terlewatkan.

Meski awalnya memang bermanfaat, namun jika Kita mengkonsumsinya dengan dosis yang berlebihan, maka secangkir kopi pun kini tak lagi menyehatkan. Terutama pada sebagian orang yang sistem kekebalan tubuhnya lebih sensitif.

Meraskan gugup dan cemas hingga merasa jantung berdebar lebih cepat dari biasanya, itu merupakan beberapa efek samping dari penggunaan kafein yang terlalu berlebihan.

Minumlah kopi jika dirasa telah benar-benar ngantuk dan butuh stamina tubuh untuk tetap terjaga selama bekerja.

 

4. Bekerja Full Hingga Larut Malam

Sebagai seorang karyawan, tanggung jawab bekerja terkadang melebihi batas waktu yang tidak normal. Meski totalitas tersebut dihargai dengan upah, tapi tetap saja waktu yang seharusnya digunakan untuk beristirahat Kita korbankan untuk bekerja.

Kurangnya keseimbangan waktu seperti ini, perlahan-lahan akan berdampak pada sistem daya tahan tubuh. Yang bisa berakibat pada kinerja dan produktivitas di tempat kerja menurun.

Baca juga: Jika Atasan Marah, Apa Yang Harus Kita Lakukan?

Share this:

You May Also Like

Jika ada pertanyaan, komentar, kritik dan saran...

error: